Tips Menahan Lapar & Haus Pada Saat Puasa

Tips Menahan Lapar & Haus Pada Saat Puasa

6 tips

Tips Menahan Lapar & Haus Pada Saat Puasa

Selama berpuasa Ramadan, kita diharuskan untuk menahan nafsu, termasuk juga menahan lapar dan haus. Merasakan lapar saat puasa memang merupakan hal yang wajar. Beberapa tips menahan lapar saat puasa berikut akan membuat puasa kamu menjadi lebih lancar dan menyenangkan!

Yuk segera simak tips menahan lapar & haus pada saat puasa! Simak tips dibawah ini :

 

1.  Utamakan Banyak Minum Air

tips

Tips yang pertama yaitu Utamakan banyak minum air putih, Puasa itu tidak berarti kamu mengurangi asupan cairan ke tubuh. Tubuh kita tetap butuh minimal 2 liter air per hari. Dengan begitu kamu bisa menahan lapar saat puasa dan terhindar dari dehidrasi. Cara memenuhi kebutuhan cairan dapat dilakukan dengan cara konsumsi 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari.

2.  Tidur Cukup & Batasi Aktivitas

tips-tips

Tips yang kedua, Tidak perlu ragu untuk menyisihkan waktu buat tidur siang karena dengan tidur, kamu juga bisa mendapat pahala selama puasa. Saat tidur, tubuh kamu otomatis membatasi aktivitas yang bikin badan cepat lelah. Selain itu, rasa lapar juga akan tidak terasa selama tidur.

3.  Olahraga Di Sore Hari

olahraga

Tips yang ketiga, olahraga di sore hari. Sebaiknya lakukan olahraga di sore hari, Waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga ringan adalah ketika menuju waktu berbuka puasa. Anda bisa jogging santai atau sekedar berjalan-jalan di taman untuk mengisi waktu

4.  Komsumsi Madu atau Kurma

tipsMurah Banget

Tips yang keempat, Komsumsi Madu atau Kurma. Madu dan kurma menjadi makanan manis yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Konsumsi keduanya dipercaya dapat memberikan energi tambahan untuk Anda. Selain itu, madu sendiri juga dipercaya dapat membantu gula darah tetap stabil saat puasa dan tentunya juga dapat menjaga sistem imun tubuh.

5.  Jaga Keseimbangan Antara Sahur dan Buka

jaga keseimbangan

Tips yang kelima, Jaga Keseimbangan Antara Sahur dan Buka.

Makan terlalu banyak ketika berbuka dapat merusak pola makan selama berpuasa. Terkadang makan terlalu banyak di malam hari membuat kita tidak merasa lapar di waktu sahur. Alhasil kita hanya mengonsumsi sedikit makanan ketika sahur. Hal ini sangat mungkin menyebabkan lapar lebih mudah. Maka, menjaga keseimbangan asupan makanan ketika sahur dan berbuka menjadi sangat penting. Pastikan asupan protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi lainnya tetap seimbang dan terjaga dengan baik.

6. Jaga Niat

murahbanget

Menjaga niat tentu sangat penting untuk Kelancaran puasa bulan Ramadan. Usahakan agar puasa kamu hanya untuk Allah SWT. Doakan agar Allah SWT mempermudah dan juga menerima puasa yang kita lakukan ini. Bacalah tentang keutamaan puasa terutama dari hadits qudsi yang akan menyegarkan keimanan Kamu dan memberi dorongan untuk mengatasi rasa lapar, haus, nafsu dan keinginan buruk lainnya.

7. Makan Makanan Yang Kaya Akan Serat

Tips

Profesor Ibrahim merekomendasikan makan makanan kaya serat untuk menghindari kelaparan, karena sebagian besar makanan lain dicerna dalam waktu empat jam setelah dikonsumsi dan menyebabkan lebih banyak rasa lapar.

Makanan berserat tinggi antara lain roti cokelat, apel, pisang, bayam, dan kurma. Ia juga menyarankan makan makanan berprotein tinggi selama Sahur, termasuk yogurt, buncis, daging, keju, telur, kentang rebus, gandum dan sayuran.

Seorang yang berpuasa disarankan untuk makan makanan bergizi saat sahur karena tubuh akan membakar lemak. Dan jika tidak ada lemak tubuh, tubuh akan membakar otot untuk mendapatkan energi.

8. Hindari Garam, Gula dan Kafein.

tips

Saat sahur, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang mengandung garam, gula dan kafein yang berlebihan. Hal ini dikarenakan tiga zat tersebut dapat meningkatkan laju dehidrasi.

Dehidrasi akan terjadi sangat cepat jika lebih dari 300 gram kafein dikonsumsi, atau setara dengan tiga cangkir kopi dan lima cangkir teh.

9. Konsumsi makanan yang membantu tubuh menahan air.

Tips

Salah satu makanan yang dapat membantu tubuh untuk menahan air adalah mentimun. Mentimun mengandung 96 persen air. Selain mentimun, sayuran selada juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga baik dikonsumsi saat bulan Ramadhan.

10. Kurangi Makanan Pedas dan Asin

6 Tips Menahan Haus Saat Puasa, Biar Lancar sampai Buka

Jika kamu penggemar masakan pedas dan asin, coba kurangi dulu saat bulan puasa ini. Makanan pedas akan lebih cepat membuatmu merasa haus. Sedangkan makanan asin dapat meningkatkan keinginan tubuh terhadap air.

11. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin c

6 Tips Menahan Haus Saat Puasa, Biar Lancar sampai Buka

Vitamin c merupakan salah satu vitamin yang paling dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak vitamin c, tubuhmu akan selalu segar dan dapat menjauhkanmu dari rasa haus. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin c dari buah atau madu.

12. Atur Waktu Tidurmu

6 Tips Menahan Haus Saat Puasa, Biar Lancar sampai Buka

Menjaga pola tidur juga dapat membantumu tetap segar saat berpuasa. Jika kamu sudah merasa haus, coba buat tidur saja pasti rasa hausmu gak akan terasa lagi

Menyegerakan Berbuka Puasa

Cara agar kuat menahan haus & lapar © 2021 brilio.net

Disunahkan bagi orang yang puasa untuk menyegerakan berbuka. Namun, bukan berarti ketika kita sudah merasa lapar dan haus bisa segera untuk berbuka tanpa melihat waktu. Kita bisa mulai berbuka ketika adzan maghrib sudah dikumandangkan.

Dalam sebuah hadits, dijelaskan bahwa barang siapa yang menyegerakan berbuka maka ia akan mendapatkan kebaikan seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda:

“Terus-menerus manusia berada di dalam kebaikan selama mereka mempercepat berbuka puasa.” (HR Bukhari dan Muslim)

Mempercepat buka puasa juga merupakan pembeda antara puasa umat islam dengan puasa umat agama lainnya sebagaimana dalam hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud dan lainnya bahwa Rasulullah bersabda:

“Terus-menerus agama ini akan nampak sepanjang manusia masih mempercepat buka puasa karena orang-orang Yahudi dan Nashoro mengakhirkannya.” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Menyegerakan berbuka ini supaya badan tidak semakin lemas karena lapar dan haus yang sudah dirasakan ketika siang menjelang sore. Namun, meski lapar dan haus, tetaplah makan dan minum secukupnya dan tetap selektif dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi agar tubuh tetap sehat selama bulan Ramadhan.


Oke itu dia tips – tips dari kami tentang cara menahan lapar dan haus pada saat puasa. Buat kalian yang sedang menjalankan ibadah puasa, semaangaaat yaa hehe see you!

Baca : Promo kategori fashion wanita

            Promo paket hemat ramadhan

            Promo kategori termos & botol

amanda
Author: amanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Back to top
Customer Service
1
WPBot

Chat dengan Saya!

15% off

share the love

coupon code: ILOVEYOU