Manfaat dan Dampak Medsos Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Dan Dampak Medsos

manfaat dan dampak medsos

 

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat populer di lingkumgan masyarakat saat ini adalah Media Sosial (Medsos). Di zaman sekarang, media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semuah orang. Jejaring media sosial yang digunakan oleh masyarkat banyak jenisnya diantaranya facebook,twitter,telegram,instagram,whatsapp dan apk lain-lain. Manfaat dan dampak medsos

Teknologi telah berkembang sedemikian pesat, sehingga dapat mengubah perilaku manusia. Dampak positif sangat banyak didapatkan dari teknologi ini, namun tidak jarang menimbulkan persoalan sampai ke tingkat yang sangat berat. Dalam kehidupan keluarga, banyak konflik suami istri yang dipicu oleh faktor teknologi komunikasi.

Ketika seorang suami atau istri telah mengidap penyakit kecanduan gadget, maka akan menimbulkan sejumblah konflik dengan pasangan. Apabila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, akan memudahkan munculnya ketengangan yang lebih parah, yang tidak jarang berujung perceraian.

Ada berbagai jenis kondisi yang dapat memicu pertengkaran suami istri kerena faktor kecanduan gadget. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengalihkan Pembicaraan

Ketika suami istri sedang asyik mengobrol atau tengah serius membahas suatu masalah, tiba-tiba ponsel berdering. Semestinya ia bisa mematikan telfonnya terlebih dahulu,namun yang terjadi pasangan justru menerima panggilan telfon tersebut, Ia mulai asyik mengobrol melalui telfon dan mengalihkan tema pembicaraan yang sedang dilakukan.

Demikian pula saat suami istri sedang berbicara mesra, mendadak salah satu malah asyik membuka gadget dan membalas pesan Whatsapp atau BBM dengan teman-temannya. Pengalihan pembicaraan karena asyik menggunkan gadget ini kerap menimbulkan kekecewan dan sakit hati terhadap pasangan. Akhirnya muncullah pertengkaran di antara mereka.

     2. Menggangu Keintiman Saat Bercinta

Ketika suami istri sedang asyik bercinta, tiba-tiba saja ponsel berdeing, karena lupa dibuat mode silent. Hal ini akan sangat menggangu suasana kejiawaan suami istri tersebut. Lebih menyebalkannya lagi jika suami istri meninggalkan pasangannya hanya untuk menerima panggilan telpon tersebut. Ia akan membuat suasana kekecewaan yang memdalam pada pasangan.

Demikian pula saat suami istri sedang asyiik bercinta, diganggu oleh suara notifikasi pesan masuk dari Line,WhatsApp, SMS, BBM,email dan lain sebaginya. Berulang-ulangnya notifikasi iitu bisa meruk konstrasi dan suasana saat bercinta dengan pasangan.

  1. Menggangu Suasana Santai

Suatu kondisi yang sangat menyebalkan bagi istri adalah ketika suami pulang kerja namun dirumah masih sibuk dengan perangkat ponselnya. Demikian pula, suami akan sangat jengkel ketika ia pulang ke rumah menjumpai istri yang tengah sibuk dan asyik dengan gadgetnya. Suami atau istri pasti mersa terabaikan dan merasa tidak dibutuhkan. Kondisi ini memudhkan munculnya pertengkarean dan konflik. Pasangan pasti akan merasa tidak nyaman dan sangat jengkel jika dirinya diabaikan,karena suami atau istri lebih memilih memegangi dan memperhatikan gadgetnya  daripada dirinya. Suasana santai dirumah akan menjadi rusak karena kecanduan gadget. Ini kerap memicu pertengkaran konfik pada pasangan

  1. Merusak Kebahagiaan Pasangan

Liburan dan waktu akhir pekan adalah kesempatan bagus untuk bercengkerama dan berkegiatan mesra bersama pasangan tercinta. Suasana itu akan menjadi rusak karena suami atau istri lebih memilih asyik dengan gadgetnya. Saat berlibur bersama keluarga menuju tempat wisata, di sepanjang perjalanan suami atau istri asyik berbalas pesan melalui fitur komunikasi di gadgetnya.

Demikian pula saat sampai di lokasi wisata, bukan kebersamaan yang didapatkan, namun suami atau istri tetap asyik dengan gadgetnya. Semestinya mereka bermain dan berkegiatan bersama dalam suasana bahagia di tempat wisata, namun ternyata hanya pindah tempat saja dalam memainkan gadgetnya. Pasangan merasa terabaikan dan akhirnya suasana liburan mereka menjadi rusak.

  1. Mengabaikan Pasangan

Gadget bisa berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang, apabila sampai kepada taraf kecanduan. Konsentrasi pikiran dan hatinya hanya terpusat pada gadget, tanpa menghiraukan lingkungan sekitar. Hal yang terakhir dilihat sebelum tidur adalah gadget. Hal pertama yang dilihat setelah bangun tidur adalah gadget. Kekecewaan terbesar yang dirasakan adalah ketika handphone atau gadget ketinggalan atau bahkan hilang. Kepeduliannya adalah kepada hal yang terkait dengan gadget. Ia tersiksa saat tidak mendapatkan signal internet atau wifi. Ia tersiksa saat batterai low bat dan tidak ada colokan listrik. Ia gelisah saat lupa tidak membawa powerbank. Ia sedih saat gadgetnya hank. Semua pikiran dan perhatiannya adalah tentang gadget. Bukan soal perasaan pasangan.

Ketika pasangan merasa diabaikan, pasti akan menimbulkan perasaan sakit hati dan kekecewaaPerkembangan media sosial tentunya akan berdampak secara positif jika ia dikelolah secara cermat

manfaat dan dampak medsos

Perkembangan media sosial tentunya akan berdampak secara positif jika ia dikelola secara cermat.

Peran dan manfaat sosmed :

  1. Komunikasi Online

Dengan memanfaatkan media sosial atau jejaring sosial, semua orang bisa melakukan komunikasi secara online, seperti chatting, pemberitahuan kabar, dan undangan. komunikasi dalam media sosial lebih efektif dari pada melalui call atau sms.

  1. Intraksi Online Sesama Teman

Berbagai aktivitas online pun bisa di lakukan di sini, interaksi online dari satu orang kepada orang-orang lainnya. Interaksi sosial ini bisa berupa update status, memberikan komentar, menambah teman baru, dan lain-lain.

  1. Mencari Informasi, Berita, dan Pengetahuan

Media sosial berisi segudang informasi, berita, ilmu, pengetahuan, dan kabar terkini, malah informasi-informasi tersebut lebih cepat menyebar melalui media sosial dibanding media elektronik seperti TV.

  1. Menambah Teman dan Komunitas Online

Media sosial juga sebagai tempat untuk mengenal orang baru dan membuat sebuah komunitas tertentu, sehingga kita bisa mengenal banyak orang di berbagai daerah tanpa harus bertemu, juga membuat sebuah komunitas dengan ide atau hoby yang sama.

  1. Teman Yang Selalu Ada Di Kala Sendiri

Media sosial selalu menjadi teman bagi pengguna di kala pengguna merasa kesepian selama akses internet masih bisa tersambung. Media sosial bisa mengisi hari-hari dan waktu kosong seseorang, ini yang terjadi pada umumnya.

  1. Mendapatkan Hiburan

Perasaan sedih, stress, jenuh adalah perasaan yang bisa menimpa siapapun saja tergantung kondisi. Salah satu upaya yang dilakukan seseorang jika ia merasa jenuh, sedih, stress, dan kesepian adalah mendapatkan hiburan dengan berkunjung ke media sosial. Ya, tentu bukan hanya hiburan untuk mengisi kekosongan waktu dan pikiran, tetapi juga mendapatkan hiburan sesuai dengan sesuatu yang ia sukai.

  1. Sebagai Sarana Promosi

Memperkenalkan produk baru, mempromosikan blog, dan lain sebagianya. Alasannya adalah untuk memperkenalkan dan mengajak orang lain agar bisa menikmati produknya.

  1. Sebagai Sarana Bisnis

Bagi mereka yang memiliki bisnis, media sosial juga menjadi batu loncatan yang bagus untu mengembangkan bisnisnya, seperti penjualan barang di media sosial, sharing link untuk mendapatkan uang, dan lain sebaginya.

  1. Sebagai Sarana Untuk Sharing dan Berbagi

Media sosial juga sering digunakan untuk sharing infomasi yang berguna bagi banyak orang, dari satu orang ke banyak orang lainnya. Dengan membagikan informasi tersebut, maka diharapkan banyak orang yang mengetahui informasi dalam skala nasional maupun internasional.

  1. Tempat Untuk Mengeksperasikan Diri

Ekspresi diri ini bisa berbentuk gambar, video, dan kata. Salah satu contoh ekspresi bentuk gambar adalah selfie, sedangkan ekspresi bentuk video adalah mengupload hal-hal lucu dan dalam bentuk emoticon agar teman bisa menonton dan melihatnya.

  1. Kontak Jodoh

Banyak juga orang yang mendapatkan jodoh dari perkenalan melalui media sosial. Awalnya memang hanya sebuah perkenalan, pertemanan, pertemuan, kemudian berlanjut sampai ke pelaminan. Tetapi hati-hati karena banyak sekali modus penipuan dengan model pencarian jodoh.

  1. Mempopulerkan Diri

Media sosial juga bisa saja membuat seseorang dikenal oleh banyak publik, baik karena disengaja maupun tidak disengaja. Populer semacam ini biasanya dikarenakan orang itu memiliki hal unik yang menarik perhatian, informasi mulai menyebar dari shaing satu orang ke orang lainnya.

  1. Mengikuti Artis Idola

Bagi para artis, media sosial akan sangat membantu untuk mendapatkan followers dan fans. Begitu juga dengan para fans, mereka bisa dengan mudah menemukan artis idola mereka dan mengikuti setiap aktivitas status terbaru.

  1. Menggerakkan Masyarakat

Masalah-masalah seperti politik, pemerintahan, suku, dan agama, merupakan masalah serius yang bisa mengundang banyak tanggapan dan tindakan. Salah satu upaya untuk menanggapi maslaah-masalah seperti itu biasanya dilakukan melalui akun media sosial, tanggapan yang berupa kritikan, celaan, dan pembelaan.

  1. Doktrin Untuk Menyebarkan Keyakinan

Media sosial juga merupakan sebuah sarana untuk menyebarkan keyakinan beragama. Kamu mungkin sudah sering melihat group atau komunitas dengan berlabel agama, di dalamnya pun berisi beberapa nasehat, pengajian, dan hal-hal yang terkat dengan ilmu agama.

 

 

 

Leave a Reply

Chat dengan CS
X